cover
Contact Name
Alimuddin
Contact Email
alimuddin@iainpalopo.ac.id
Phone
+6282343900288
Journal Mail Official
alimuddin@iainpalopo.ac.id
Editorial Address
Jl. Agatis Kota Palopo.91914
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Kelola: Journal of Islamic Education Management
ISSN : 25484052     EISSN : 26859939     DOI : https://doi.org/10.24256/kelola.v8i2.3664
Core Subject : Education,
is a journal that supports discussion and learning in Islamic education management. This journal, published twice in Kelola, accepts published from all management educators who are approved to reflect on their professional practice and to facilitate readers in exploring what or how to teach students to learn and manage effective management.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2017): Kelola: Journal of Islamic Education Management" : 7 Documents clear
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik Lisa Aditya Dwiwansyah Musa
Kelola: Journal of Islamic Education Management Vol 2, No 1 (2017): Kelola: Journal of Islamic Education Management
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/kelola.v2i1.445

Abstract

Salah satu pembelajaran matematika yang berorientasi pada matematisasi pengalaman sehari-hari dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari adalah Pembelajaran Matematika Realistik. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui bahwa hasil belajar matematika dapat ditingkatkan melalui pendekatan matematika realistik pada siswa kelas VII1 SMPNegeri 8 Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Researce) yang dilaksanakan dengan tahapan yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar matematika mengalami peningkatan melalui pendekatan matematika realistik pada siswa kelas VII1 SMP Negeri 8 Parepare, hal ini dapat dilihat dari: (1) meningkatnya rata-rata hasil belajar matematika siswa yaitu pada siklus I sebesar 64,36 menjadi 88,2 pada siklus II; (2) meningkatnya persentase siswa yang tuntas belajar yaitu pada siklus I sebesar 48% menjadi 92% pada siklus II; dan (3) meningkatnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sesuai dengan lembar observasi yang dilakukan selama penelitian yaitu aktivitas siswa yang sesuai dengan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 51,77% menjadi 72,88% pada siklus II dan menurunnya aktivitas siswa yang tidak sesuai dengan pembelajaran dari siklus I sebesar 20% menjadi 9,33% pada siklus II.
Lingkungan Dalam Persfektif Hadis Hasri Hasri
Kelola: Journal of Islamic Education Management Vol 2, No 1 (2017): Kelola: Journal of Islamic Education Management
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/kelola.v2i1.441

Abstract

Konseptualisasi lingkungan atau alam dalam Islam merupakan pemahaman rasional terhadap ayat-ayat kauniyah yang terbentang di hadapan manusia, di samping ayat-ayat qauliyah yang cenderung menjelaskan tentang alam dan seluruh isinya.Keberadaan alam dan seluruh benda-benda yang terkandung di dalamnya merupakan suatu kesatuan yang tidak terpisahkan. Secara keseluruhan saling membutuhkan, dan saling melengkapi kekurangannya. Kelangsungan hidup dari setiap unsur kekuatan alam terkait dengan keberadaan hidup kekuatan lain. Kejadian alam dan apa yang di dalamnya saling mendukung sehingga ia disebut alam secara keseluruhan. Alam dan apa-apa yang ada di dalamnya seperti tumbuh-tumbuhan dan binatang termasuk manusia dan benda mati yang ada di sekitarnya, serta kekuatan alam lainnya seperti angin, udara dan iklim hakekatnya adalah bagian dari keberadaan ecologi alam
Pengaruh Inteligensi Intrapersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Nilam Permatasari Munir
Kelola: Journal of Islamic Education Management Vol 2, No 1 (2017): Kelola: Journal of Islamic Education Management
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/kelola.v2i1.446

Abstract

The study aims to analyze the descriprition of intrapersonal intelligence toward learning result of mathematics. The study is an ex-post facto which casuality. The populations of the study were 520 grade XI IPA students of SMAN in Parepare of academic years 2013/2014 with as many as 221 samples. Technique used in selecting the samples was proporsional random sampling. The instrument used for the study were (1) scale of intrapersonal intelligence, (2) test of mathematics learning outcomes. The results of the study indicate that (1) intrapersonal intelligence directly give positif influence toward cognitive learning result of Mathematics (5) intrapersonal intelligence directly give positif influence toward affective learning result of Mathematics.
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle Dalam Pembelajaran Matematika Nur Rahmah; Rafika Rafika
Kelola: Journal of Islamic Education Management Vol 2, No 1 (2017): Kelola: Journal of Islamic Education Management
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/kelola.v2i1.442

Abstract

Penelitian ini bertujuan: mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (ioc) dan mengetahui hasil belajar matematika siswa yang tidak diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle (ioc). Selain itu, mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (ioc) dan siswa yang tidak diberi perlakuan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen tipe true experimental design dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Palopo yang terdiri atas 6 (enam) kelas dengan jumlah siswa 217. Pengambilan sampel, yakni dengan cara cluster random sampling. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata hasil belajar (post-test) untuk kelas kontrol 77,14, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar (post-test) untuk kelas eksperimen 81,49. Hasil analisis statistik inferensial uji z dengan taraf signifikan 5%, diperoleh nilai = 2,218 dan = 1,645 sehingga (3,59 > 1,645) maka diterima. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (ioc) dan siswa yang tidak diberi perlakuan.
Tinjauan Filsafat Pendidikan Ibn Miskawaih Terhadap Fenomena Kenakalan Remaja Zulkifli Safri
Kelola: Journal of Islamic Education Management Vol 2, No 1 (2017): Kelola: Journal of Islamic Education Management
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/kelola.v2i1.447

Abstract

Penilitian ini berjudul Tinjauan Filsafat Pendidikan Ibn Miskawaih terhadap Fenomena Kenakalan Remaja. Penelitian dilatarbelakangi permasalahan kenakalan remaja di masyarakat yang semakin banyak. Tujuan penelitian ini memahami konsep pendidikan Ibn Miskawaih yang menawarkan solusi terhadap kasus kenakalan remaja. Penelitian merupakan studi kepustakaan menggunakan metode hermeneutika filosofis. Sumber primer dan sekunder diteliti dengan menggunakan unsur-unsur metodis antara lain deskripsi, interpretasi, dan refleksi filosofis. Objek material dalam penelitian adalah fenomena kenakalan remaja. Objek formalnya adalah filsafat pendidikan Ibn Miskawaih. Hasil penelitian yang dicapai ialah: pertama, memetakan fenomena kenakalan remaja. Kedua, tinjauan filsafat pendidikan Ibn Miskawaih terhadap fenomena kenakalan remaja. Filsafat pendidikan Ibn Miskawaih dapat diketahui bahwa fenomena kenakalan remaja dapat dicegah ataupun diselesaikan dengan pembinaan karakter. Syariat agama merupakan kunci utama dalam hal ini. Disertai dengan pendidik teladan dalam keluarga dan masyarakat.
Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Cerita Karangan Menggunakan Media Gambar Taqwa Taqwa; Harlina M.Bakri
Kelola: Journal of Islamic Education Management Vol 2, No 1 (2017): Kelola: Journal of Islamic Education Management
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/kelola.v2i1.443

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil dari Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yang menggunakan siklus Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Masalah utama dalam tulisan ini adalah rendahnya Kemampuan menulis cerita karangan pada siswa kelas V MI DDI I Palopo mata pelajaran Bahasa Indonesia, Penelitian tindakan kelas ini secara umum untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di MI DDI I Palopo dan secara khusus bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V MI DDI I Palopo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V.B MI DDI I Palopo pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 33 orang. yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan materi menulis karangan narasi dan deskripsi. Alat pengumpul data yang digunakan terdiri dari instrumen pembelajaran, evaluasi (tes dan non tes),Dokumentasi, serta observasi untuk mengetahui validasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami perubahan secara signifikan. Secara berturut-turut (berdasarkan siklus (I dan II) hasil belajar Bahasa Indonesia materi pokok menulis cerita karangan siswa kelas V MI DDI I Palopo, diperoleh bahwa rata rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 61,48 termaksud dalam kategori belum mencapai nilai KKM dengan jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 16 siswa dengan peresentase 45,45% , dan hasil belajar pada siklus II rata rata diperoleh 77,27 termaksud dalam kategori baik dengan jumlah siswa yang tuntas 30 dengan persentase sekitar 75,75%, disamping itu aktifitas siswa dan aktifitas guru juga mengalami peningkatan dari pertemuan pertama hingga pertemuan terakhir baik dari siklus I maupun siklus II.
Sistem Informasi Manajemen Pada Lembaga Pendidikan Islam Anwar Darwis; Hilal Mahmud
Kelola: Journal of Islamic Education Management Vol 2, No 1 (2017): Kelola: Journal of Islamic Education Management
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/kelola.v2i1.444

Abstract

Kehadiran tehnologi informasi dan komunikasi menyebabkan terjadinya tuntutan dari masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang lebih cepat, transparan, tidak dibatasi waktu dan tempat Khusus dalam bidang pendidikan, tehnologi informasi dan komunikasi merupakan suatu keniscayaan untuk mempermudah penyelenggaraan pendidikan sekaligus meningkatkan mutu pendidikan. Tehnologi informasi dan komunikasi dimaksud dalam bentuk sebuah sistem yang menggunakan perangkat tehnologi informasi dan kemunikasi yang memungkinkan semua stakeholder dapat melakukan perannya masing-masing dengan mudah dan cepat yang secara umum disebut sistem informasi manajemen. Sistem informasi manajemen dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pendidikan Islam adalah suatu kebutuhan. Hal ini didasari atas fakta bahwa masyarakat sekarang ini membutuhkan dan menuntut pelayanan pendidikan berkualitas. Salah satu solusi yang dapat diberikan adalah tersedianya instrumen dan infrastruktur tehnologi yang memungkinkan pendidikan diselenggarakan dengan baik dan bermutu dalam bentuk sistem informasi manajemen pendidikan Islam. Dalam tulisan ini masalah pokok yang dibahas adalah bagaimana system informasi manajemen pada lembaga pendidikan Islam. Sebagai bahan perbandingan, pembahasan dimulai dengan mengemukakan bagaiamana pengalaman beberapa negara berkembang dalam menerapkan sistem informasi manajemen pendidikan di negara masing-masing untuk dijadikan pelajaran dari pengalaman mereka dalam menerapkan sistem informasi manajemen pendidikan. Penelitian Marcus Powell dirujuk untuk memaparkan pengalaman Bangladesh, Mozambik, Ghana, dan Nigeria dalam penerapan sistem informasi manajemen pendidikan yang menunjukkan beberapa fakta penting yang dapat dijadikan pelajaran Pada bagian selanjtnya dikemukakan bagaimana system informasi manajemen pada lembaga pendidikan Islam di Indonesia.

Page 1 of 1 | Total Record : 7